Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Hari Jumat 31 Desember 2021

Renungan Hari Jumat 31 Desember 2021

Renungan Hari Jumat 31 Desember 2021

Dalam bacaan hari ini, Yohanes mengingatkan kita supaya waspada terhadap sikap antikristus. Sebuah peringantan yang harus mendapat perhatian supaya kita dapat menempatkan diri dengan benar. Siapakah yang antikristus itu? 

Yohanes mengatakan bahwa seorang antikristus akan datang untuk menyesatkan manusia dan menyangkal bahwa Yesus adalah Allah yang telah menjelma menjadi manusia. Antikristus bukan saja hanya sosok yang melawan Kristus, tetapi juga berusaha untuk menggantikan Kristus dengan dirinya sendiri. Dengan demikian, mengganti yang asli sama artinya dengan memalsukan.

Sejak awal Yohanes mewartakan dan meyakinkan kita bahwa Yesus Kristus adalah Allah itu sendiri. Sehingga ia mengatakan: “ Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” (Yoh.1:1). 

Kemudian Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita. Artinya, Allah telah datang ke dunia dalam diri Yesus Kristus. Inilah inti berita sukacita yang kita rayakan dalam peristiwa Natal. Yohanes menyatakan bahwa Allah mengkomunikasikan diri-Nya sendiri kepada manusia dengan datang menjadi manusia. 

Allah yang kekal dan tak terjangkau oleh pikiran manusia itu sekarang sudah menjadi dekat dan bersama dengan manusia. Melalui pribadi Yesus, Allah bukan lagi sesuatu yang tak terpahami dan jauh dari manusia, melainkan menjadi bisa terpahami dan masuk dalam hidup manusia.

Ya Allah, semoga hati manusia semakin terbuka untuk menerima Putra-Mu. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/

Posting Komentar untuk "Renungan Hari Jumat 31 Desember 2021"