Renungan Hari Kamis 18 Mei 2023

Renungan Hari Kamis 18 Mei 2023

Renungan Hari Kamis 18 Mei 2023

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Katolik Kamis 18 Mei 2023 dalam Bacaan Injil hari ini Matius 28:16-20.

Kitab Injil Matius dimulai dan ditutup dengan tema yang sama, yakni Tuhan Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah, yang datang untuk menjadi Juruselamat dunia. Setelah memaparkan genapnya keselamatan bagi umat manusia melalui kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, Injil Matius ditutup dengan pernyataan terakhir-Nya.

Pernyataan yang merupakan puncak dari kitab ini berisi tiga hal: Pertama, sebuah pengakuan terbesar, "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi" (28:18).

Pengakuan yang menempatkan Tuhan Yesus sebagai Penguasa sorga dan bumi ini menuntut respons dari para pembaca. Orang yang menerima Dia akan mendapat pengampunan dosa dan hidup yang kekal, sedangkan orang yang menolak Dia akan menerima hukuman dari-Nya.

Kedua, sebuah perintah terbesar, "Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu" (28:19-20a).

Perintah ini mengamanatkan setiap orang percaya untuk pergi dan menjadikan semua bangsa murid Tuhan Yesus dengan cara mengabarkan kematian dan kebangkitan-Nya, mengajarkan segala yang diperintahkan-Nya dan membaptis orang percaya sebagai bukti komitmen untuk menjadi murid-Nya.

Ketiga, sebuah janji terbesar: "Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (28:20b). Sesuai dengan nama-Nya, yakni Imanuel yang berarti Allah beserta kita (1:23), Tuhan Yesus menyertai umat-Nya hingga akhir zaman dengan mengutus Roh Kudus yang turun ke atas orang percaya pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:1-13).

Kehadiran Roh Kudus selain memampukan orang percaya untuk mengabarkan kabar baik tentang Tuhan Yesus, juga menyertai mereka untuk menjalankan kehidupan yang penuh kemenangan.

Pernyataan di atas meneguhkan iman kita bahwa Tuhan Yesus sungguh adalah Allah Penguasa sorga dan bumi. Oleh karena itu, kita tidak hanya menerima-Nya sebagai Juruselamat, tetapi juga sebagai Tuhan yang menguasai dan mengendalikan hidup kita.

Apakah Anda sudah menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat yang mengampuni dosa Anda? Dengan bersandar kepada kuasa dan penyertaan Roh Kudus, kita dengan yakin mengabarkan kabar baik tentang keselamatan yang sudah digenapkan oleh Tuhan Yesus. Sudahkah Anda mewartakan kabar baik ini kepada orang-orang di sekitar Anda?

Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url