Renungan Hari Minggu 12 Mei 2024

Renungan Hari Minggu 12 Mei 2024

Renungan Hari Minggu 12 Mei 2024

Bapak, Ibu dan Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Minggu 12 Mei 2024. Dalam Bacaan Injil Yohanes 17:11b-19 hari ini mengisahkan tentang, Supaya mereka menjadi satu sama seperti kita.

Supaya genap dua belas

Mengapa Yudas perlu digantikan? Pertama, agar jumlah rasul tetap utuh dua belas sebagaimana pertama kali Tuhan Yesus memilih para murid-Nya. Angka dua belas penting bagi umat Yahudi karena mereka sendiri terdiri dari dua belas suku.

Perjanjian Lama memang mencatat Tuhan menghukum keras suku-suku Israel karena keberdosaan mereka. Namun Perjanjian Lama juga menjanjikan pemulihan terhadap mereka. Mereka dikatakan akan dipersatukan kembali, seperti masa dua belas suku bersatu.

Yesus telah menubuatkan kedua belas rasul pilihan-Nya bahwa mereka akan memimpin umat Tuhan bersama Yesus dalam kemuliaan-Nya kelak (Mat. 19:28). Ini senada dengan kutipan Mazmur oleh Petrus di ay. 20a bahwa musuh Tuhan harus dimusnahkan (Mzm. 69:26), dan jabatannya harus digantikan (Mzm. 109:8).

Agar kekristenan diterima dan diakui orang Yahudi maka dua belas rasul merupakan pasangan yang tepat dengan dua belas suku Israel.

Alasan kedua, Yudas harus digantikan untuk mengembalikan keutuhan dan kemurnian keduabelas rasul yang dinodai oleh pengkhianatan dirinya. Petrus memaparkan kematian Yudas yang mengerikan sebagai upah kejahatannya (ayat 18-19).

Pengganti Yudas harus memenuhi syarat, seorang yang pernah bersama Yesus semasa hidup-Nya dan juga menjadi saksi bagi kebangkitan Kristus (ayat 21-22). Namun yang paling penting adalah, proses pemilihan itu secara final diserahkan kepada Tuhan Yesus sendiri, agar Dia yang menentukan (ayat 24-25).

Apa yang dilakukan Petrus dan murid-murid Yesus lainnya mungkin tidak lazim bagi kita yang hidup pada masa kini, tetapi memiliki makna yang penting secara teologis. Pertama, penyelesaian masalah di gereja selalu harus berdasarkan kebenaran firman Tuhan yang digali dan diterapkan secara tepat.

Kedua, dosa harus cepat dibereskan. Ketiga, kepemimpinan harus memenuhi kriteria tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan. Yang terakhir, melalui doa yang sungguh-sungguh gereja menyerahkan keputusan final pada Tuhan bukan pada kebijaksanaan manusia.

Yohanes dalam suratnya menegaskan bahwa Allah adalah kasih.

Ini pernyataan luar biasa tentang Allah. Harus jelas dipahami bahwa kasih bukan Allah. Kasih adalah salah satu karakter Allah. Yang benar Allah adalah kasih. Relasi Allah dan manusia ditandai dan dibentuk oleh kasih.

Berbagai perbuatan Allah bagi manusia adalah tindakan kasih. Namun dalam bagian ini Yohanes menunjuk kepada puncak pernyataan dan wujud kasih Allah kepada manusia.

Kedatangan Yesus ke dunia adalah bukti kasih Allah. Yesus datang ke dunia untuk menggantikan manusia. Kematian-Nya memberi hidup kepada manusia yang percaya pada-Nya, dan ini bukan karena manusia mengasihi Allah.

Oleh sebab itu kita tidak dapat memahami kasih Allah jika itu dilepaskan dari kematian Yesus di kayu salib. Penjelasan tentang kasih Allah di luar salib Kristus adalah pengertian kasih yang tidak sempurna. Sebab itu kini kita yang telah menerima kasih Allah harus merespons dan mewujudkan kasih itu di dalam kehidupan kita (ayat 7,11).

Jika tidak, maka tidak ada bukti bahwa kita telah mengalami kasih Allah dan sekarang sedang berelasi dengan-Nya. Relasi kepada Allah dan kepada sesama harus kita demonstrasikan dalam kehidupan kita. Hidup dalam kasih merupakan bukti hidup bersama Allah (ayat 13,15).

Manusia sebagai ciptaan Allah memiliki kemampuan untuk mengasihi. Tetapi kasih yang mereka miliki dan wujudkan akan sempurna jika kasih itu menunjuk pada salib Kristus.

Sekali lagi Yohanes menegaskan bahwa tidak mungkin manusia mengenal kasih Allah lepas dari Kristus. Jika ingin memiliki kasih maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah percaya pada Yesus (ayat 15,16).

Tetapi tidak mungkin manusia menjadi percaya Yesus tanpa mendengar kesaksian orang percaya (ayat 14). Setiap yang percaya kepada-Nya dikaruniakan Roh Kudus (ayat 13).

Kasih bersedia berkurban diri karena orang membutuhkan kurban diri tersebut.

Injil hari ini, Yesus memperhatikan kita

Setelah meminta sesuatu yang berkaitan dengan diri-Nya, Tuhan Yesus mendoakan kebutuhan murid-murid-Nya karena di dalam diri merekalah Dia telah dipermuliakan. Di dalam diri mereka pula Ia akan dipermuliakan setelah kebangkitan dan kenaikan-Nya.

Tuhan Yesus telah memenuhi tugas-Nya di bumi dengan menyatakan Bapa kepada para murid dan mengajarkan firman-Nya kepada mereka. Ia telah mengatakan bahwa segala sesuatu yang mereka perlu ketahui dan misi-Nya untuk memuridkan mereka telah selesai. Ia akan segera pergi dan kembali kepada Bapa karena Ia telah menyelesaikan segala sesuatu yang Bapa ingin Dia lakukan.

Penyempurnaan pelayanan-Nya adalah di dalam karya salib yang akan menyatukan para murid (ayat 11). Para murid telah diberikan kepada Yesus oleh Bapa. Mereka adalah milik Bapa (ayat 6), yang telah dipilih dalam kekekalan.

Melalui iman dan ketaatan mereka, mereka diarahkan pada Allah melalui Anak dan pengajaran-Nya (Yoh. 6:44-45, 60-66). Akan tetapi, Yesus bukan mendoakan agar Bapa memelihara murid-murid-Nya hingga mereka dapat bersukacita, tetapi agar Ia ingin ada kualitas unggul di dalam diri para murid-Nya! Sukacita-Nya disempurnakan di dalam mereka.

Dunia membenci murid-murid Tuhan karena mereka bukan milik dunia. Maka Yesus bukan meminta Bapa mengambil mereka dari dunia sebab di dunia ini mereka harus memberi kesaksian tentang kematian dan kebangkitan-Nya.

Yesus bukan meminta Bapa melepaskan para murid dari penderitaan, melainkan berdoa agar Bapa melindungi murid-murid-Nya dari si jahat (ayat 15). Dunia memang akan membenci murid-murid-Nya, tetapi dibalik itu setanlah yang menjadi dalangnya.

Dialah sumber perlawanan terhadap iman orang percaya, yang mengancam kesaksian mereka pada dunia.

Lihatlah betapa Yesus sangat memperhatikan murid-murid-Nya. Bagaimana mungkin kita berani mempertanyakan kasih dan perhatian Tuhan pada kita?

Doa Penutup

Bapa surgawi, utuslah Roh Kudus-Mu guna menyatukan kami masing-masing dengan Dikau dan Putera-Mu terkasih, Tuhan Yesus Kristus.

Oleh kuat-kuasa Roh Kudus-Mu, utuslah kami untuk mewartakan sabda-Mu, dengan demikian memperbaharui muka bumi! Amin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url