Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Hari Senin 01 Agustus 2022

Renungan Hari Senin 01 Agustus 2022

Renungan Hari Senin 01 Agustus 2022

Kapankah manusia merasa kecukupan? Semakin kita memiliki harta yang banyak semakin besar kebutuhan kita dan semakin kita merasa tidak cukup.

Para murid Yesus mengeluh kepada Yesus kalau mereka hanya memiliki lima buah roti dan dua ekor ikan. Untuk mereka saja dalam kelompok, lima buah roti dan dua ekor ikan sangatlah tidak cukup.

Yesus dengan tegas mengatakan kepada murid-murid-Nya, ”Kamulah yang memberi mereka makan” (bdk. Mat 14:16). Dengan kata lain, Yesus tidak menginginkan kita lari dari tanggung jawab sosial untuk memberi makan, memberi kehidupan bagi begitu banyak orang yang membutuhkannya.

Negara kita ini semakin jatuh dalam keterpurukan bukan karena kita miskin secara bangsa, tetapi karena segelintir orang yang selalu merasa kurang dengan apa yang mereka miliki walaupun mereka sudah memiliki hampir separuh dari kekayaan negara ini.

Gaya hidup orang-orang seperti itu sama sekali tidak mencerminkan kepeduliannya pada begitu banyak anak bangsa yang hidup dalam kemisikian, kemelaratan, dan penderitaan.

Gaya hidup seperti itu yang mati rasa akan penderitaan sesama ini—merupakan alasan utama dari keterpurukan bangsa ini. Sungguh patut disayangkan bahwa bangsa yang takwa kepada Tuhan ini, tanggung jawab sosialnya semakin kerdil.

Doa 

Allah Bapa kami yang mahabaik, seringkali kami memuaskan diri kami dengan hal-hal yang tidak berhubungan dengan diri-Mu. Hari ini Engkau mengajari kami, bahwa Engkaulah satu-satunya yang dapat memuaskan rasa lapar dan haus kami.

Ajarilah kami untuk mengusahakan apa saja yang berguna untuk kehidupan kekal. Kuatkanlah kami bila berhadapan dengan godaan dunia yang tak kalah kuatnya menggoda dalam kehidupan kami. Demi Kristus Tuhan kami kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Sumber https://renunganhariankatolik.org/

Sumber gambar google.com

Posting Komentar untuk "Renungan Hari Senin 01 Agustus 2022"


close