Renungan Hari Jumat 20 Januari 2023

Renungan Hari Jumat 20 Januari 2023

Renungan Hari Jumat 20 Januari 2023

Pada Renungan Harian Katolik Jumat 20 Januari 2023 hari ini diambil dari Bacaan Injil Markus 3:13-19. Markus menulis bahwa Yesus naik keatas bukit dan di sanalah Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya. 12 orang pilihan-Nya yang selanjutnya bersama-sama dengan Dia untuk memberitakan Injil.

Pemilihan ini merupakan suatu anugerah dan hak istimewa yang Yesus berikan kepada mereka. Awalnya, murid-murid inilah yang selalu bersama dengan Yesus. Di antara para murid, ada yang pertama kali dipanggil untuk mengikuti-Nya, yaitu Simon, Andreas, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes.

Dapat kita perhatikan, mereka yang dipilih Yesus menjadi murid-Nya sama sekali tidak memiliki kriteria yang menonjol. Ada yang bekerja sebagai nelayan, pemungut cukai, dan orang biasa. Yesus memanggil mereka untuk menjadi rasul bukan berdasarkan kekuatan, kepintaran dan kebaikan mereka.

Melalui pembaptisan pun kita terpilih dan dipanggil untuk menjadi murid-murid Yesus. Demikian pula yang dilakukan oleh para rasul pilihan Yesus. Kita yang telah dibaptis dalam Roh Kudus pun memiliki kuasa untuk menghalau kekuatan jahat, selain tanggung jawab tugas kita untuk menjadi pewarta Injil.

Mengenal dan percaya pada Yesus adalah anugerah. Inisiatif dari Allah sendiri. Maka, panggilan itu adalah karunia cuma-cuma bagi orang-orang pilihan-Nya. Hal tersebut bukan karena kemampuan dan kehebatan kita (manusia) tapi karena kita berharga di mata Allah.

Dalam segala hal, setiap waktu, sebagai orang percaya, kita wajib untuk memperdalam relasi kita dengan Tuhan Yesus. Kita perlu untuk mendekatkan diri dengan membaca kitab suci, turut serta dalam Ekaristi serta berpartisipasi dalam pelayanan melalui aktifitas harian kita.

Doa Penutup

Allah Bapa Mahasetia, melalui Yesus Putra-Mu terkasih Engkau mengikat Perjanjian Baru yang kekal dan tetap dengan kami. Kami mohon, semoga kami memahami Engkau dan selalu bersyukur memuji Engkau, Allah dan Bapa kami.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

Sumber gambar google.com


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url