Renungan Hari Rabu 01 Februari 2023

Renungan Hari Rabu 01 Februari 2023

Renungan Hari Rabu 01 Februari 2023

Saudara-saudari terkasih…, kita diajak untuk merenungkan panggilan kita, murid-murid Yesus, sebagai nabi. Saat kita dibaptis, kita semua menerima tugas dari Gereja, agar kita hidup seturut teladan Yesus. Artinya, kita diauntuk meneruskan tugas-tugas Yesus. Segala tugas atau pelayanan yang dibuat oleh Yesus, diringkas dalam 3 tugas Yesus yaitu: imam, nabi dan raja.

Tugas sebagai imam; Yesus menguduskan. Tugas sebagai Nabi; Yesus mewartakan Sabda Allah, dan tugas sebagai Raja; Yesus memimpin. Tiga tugas Yesus itu diteruskan oleh seluruh umat katolik.

Mengenai tugas sebagai nabi; mewartakan Sabda Allah. Tuhan Yesus melaksanakan tugas sebagai nabi ditampakkan dalam seluruh hidupNya. Ia mewartakan Sabda Allah, dengan berkotbah, mengajar dan juga berbuat baik: menyembuhkan banyak orang sakit serta mengampuni dosa para pendosa.

Bagaimana tugas sebagai nabi dilakukan oleh umat katolik pada zaman ini? Umat katolik pada zaman ini dapat mewartakan Sabda Allah dengan berkotbah, dalam sebuah ibadat atau doa-doa bersama.

Namun, mewartakan Sabda Allah dapat dibuat melalui tindakan baik dalam hidup sehari-hari. Sungguh, setiap orang katolik dapat mewartakan sabda Allah melalui tindakan dan kata-kata baik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Tuhan Yesus, yang juga selalu berbuat dan berkata-kata baik dalam seluruh hidupNya.

Dalam Injil Hari ini, Yesus berkata: “Seorang nabi yang dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya!” (Mrk 6:4). Yesus berkata itu karena Ia tidak diterima dengan baik, di tempat asalnya, di kampung halamanNya.

Namun, Yesus tetap berbuat baik, kendati Ia tidak diterima dengan baik oleh orang-orang di sekitarnya. Dari sini, kita bisa belajar: berbuat baik kepada setiap orang yang dijumpai tanpa pilih-pilih, tanpa mengharap imbalan.

Bisa jadi, kita akan mengalami ditolak atau tidak mendapat tanggapan baik dari orang-rang sekitar, saat kita berbuat baik seperti Yesus. Oleh karena itu, kita perlu selalu sadari, kita adalah nabi. Nabi mewartakan Sabda Allah, berbuat baik kepada siapapun, di manapun dan kapanpun?

Doa Penutup

Allah Bapa sumber iman kepercayaan, kami mohon iman akan Sabda-Mu, dan resapkanlah ke dalam lubuk hati kami janji-Mu akan memberi kehidupan, agar kami menjadi orang yang berkenan di hati-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

Sumber gambar google.com


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url