Renungan Hari Minggu 26 Februari 2023

Renungan Hari Minggu 26 Februari 2023

Renungan Hari Minggu 26 Februari 2023

Pada Renungan Katolik Hari Minggu 26 Februari 2023 dalam Injil hari ini Matius 4:1-11 kita melihat bagaimana Tuhan Yesus dicobai di padang gurun oleh setan. Ada tiga bentuk godaan yang ditawarkan oleh setan yaitu:

1. Untuk membuat roti dari batu;

2. Untuk menjatuhkan diri dari bumbungan bait Allah;

3. Akan diberi semua kerajaan dunia bila mau menyembah setan. Dan jawaban Yesus adalah dengan tegas menolak: Tidak!

Tiga macam godaan itu juga sering digunakan untuk menggoda kita manusia Pertama, kita digoda untuk mencari kesuksesan dan keenakan tanpa usaha. Membuat roti dari batu berarti mencari kesuksesan tanpa mau usaha.

Kita sering digoda untuk tidak bekerja tetapi mengharapkan hasil yang tinggi, menyontek dalam belajar, menjiplak karya orang lain dan diaku sendiri, menyuap untuk mendapatkan kedudukan, kolusi, dll.

Kedua, godaan berupa kesombongan dan gila hormat. Menjatuhkan diri dari bumbungan kanisah dan tidak menjadi sakit, akan menjadikan kita tampak hebat, terkenal, dan dipuja di mana-mana.

Godaan seperti itu sering berwujud kesombongan, gila hormat. Banyak orang hancur dalam hidupnya karena gila hormat. Ketiga, adalah godaan yang berupa kekuasaan dunia, gila kekuasaan.

Kita sering melihat orang-orang yang gila kekuasaan bertingkah laku otoriter, suka menindas orang lain, dan akhirnya mereka sendiri hancur. Ketiga godaan itu bila disingkat menjadi godaan untuk mencari enak tanpa usaha, gila hormat, dan gila kekuasaan.

Oleh Yesus kita diajak untuk tegas melawan godaan itu. Kita diingatkan bahwa kita hanya harus menaati kehendak Tuhan. Godaan itu juga dapat dilawan dengan melakukan yang sebaliknya.

Misalnya, mau bekerja dengan tekun dan usaha yang keras untuk mendapatkan hasil yang baik; bersikap rendah hati; dan menggunakan kekuasaan yang ada pada kita untuk lebih menolong dan menyejahterakan sesama.

Bagaimana dengan aku sendiri? Godaan apa yang sering aku hadapi dalam hidupku? Bagaimana aku mengatasi godaan itu? Marilah belajar dari Tuhan Yesus!

Doa Penutup

Allah Bapa yang Mahakuasa, dengan menjalani masa prapaskah ini kami berusaha semakin mendalami misteri Kristus.

Semoga masa yang menguntungkan itu dapat kami gunakan sebaik-baiknya, sehingga rahmat-Mu tidak kami sia-siakan, tetapi membuat kami layak hidup bersama Dia kelak.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin.

Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url