Renungan Hari Minggu 04 Juni 2023

Renungan Hari Minggu 04 Juni 2023

Renungan Hari Minggu 04 Juni 2023

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Katolik Minggu 04 Juni 2023 dalam Bacaan Injil hari ini Yohanes 3:16-18

Menurut tradisi bahwa Santo Agustinus sedang berjalan di sepanjang pantai. Mencoba memahami bagaimana mungkin ada tiga Pribadi dalam satu Tuhan, dia bertemu dengan seorang anak kecil yang menggunakan kerang untuk mengambil air dari laut.

Anak itu akan berlari kembali ke pantai dan menuangkan air ke dalam lubang kecil yang dia gali di pasir. Agustinus memperhatikan lalu bertanya kepada anak itu apa yang dia lakukan, anak itu menjawab, Aku memasukkan laut ke dalam lubang ini.

Agustinus kemudian berkata: Itu tidak mungkin karena alasan sederhana bahwa lubang itu tidak akan menampung lautan luas. Anak itu berkata kepada Agustinus: “Apa yang Anda coba pahami juga tidak mungkin, Anda tidak akan dapat mengungkap misteri Tritunggal Mahakudus.

Hari ini adalah Hari Raya Tritunggal Mahakudus tiga pribadi dalam satu Tuhan. Allah Bapa (pencipta) Allah Anak (Yesus Juruselamat kita) dan Allah Roh Kudus (Pengudus kita). Mereka adalah tiga kepribadian yang berbeda namun mereka adalah satu. Inilah misteri Tritunggal Mahakudus; mereka tiga tapi satu.

Sulit untuk memahami mengapa Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah satu. Tetapi jika kita mau setia pada ajaran iman kita, kita akan menemukan bahwa kita tidak akan lagi penasaran mengapa ketiganya tetap satu. Tuhan sendiri melalui Yesus dan Roh Kudus akan memberi kita hikmat untuk mempercayai misteri ini.

Oleh karena itu, rahasia untuk mengungkap misteri Tritunggal Mahakudus adalah percaya dan beriman dengan rendah hati. Ada yang percaya tetapi pada saat yang sama mereka juga berusaha mengungkap misteri ini.

Mereka berpikir bahwa mereka bisa memahaminya melalui akal mereka hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak bisa. Ketika kita berjalan dengan Tuhan dan berusaha menemukan lebih banyak tentang Dia, kita harus berjalan dengan iman kita dan bukan dengan pandangan kita.

Ini juga merupakan rahasia untuk memahami misteri Tritunggal Mahakudus: Hanya percaya pada iman kita dan bukan pada pandangan kita. Untuk sekadar berpegang pada hikmat Allah yang tak terbatas dan bukan pada pemahaman kita yang terbatas.

Doa Harian

Allah Bapa, dengan mengutus Sabda Kebenaran dan Roh Pengudus ke dalam dunia, Engkau telah mengungkapkan kepada manusia misteri-Mu yang mengagumkan.

Semoga dengan iman yang benar kami mengakui kemuliaan Tritunggal yang kekal dan menyembah keesaan-Nya dalam keagungan kuasa-Nya.

Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Sumber https://renungankatolik.id/renungan-katolik-minggu-4-juni-2023/

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url