Renungan Hari Senin 26 Juni 2023

Renungan Hari Senin 26 Juni 2023

Renungan Hari Senin 26 Juni 2023

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Katolik Senin 26 Juni 2023 dalam Bacaan Injil hari ini Matius 7:1-5.

Apa yang Anda dapatkan dengan menilai orang lain? Tidak ada kecuali akumulasi kebencian di hati Anda yang jika tidak diperbaiki bahkan dapat menyebabkan Anda sakit bahkan kematian.

Bagaimana jika Anda tidak akan menghakimi atau Anda tidak cepat menghakimi? Tidak akan ada kebencian di dalam dirimu! Dengan demikian Anda akan merasa bebas, Anda akan terlihat lebih muda dan penyakit tidak akan menjadi teman terbaik Anda.

Kita mungkin tidak mengetahui hal ini tetapi kita cepat menilai orang lain karena alasan sederhana bahwa kita sangat menghargai diri kita sendiri. Dan ini disebabkan oleh perasaan superioritas kita terhadap orang lain.

Tapi mengapa kita merasa lebih unggul dari orang lain? Ketika kita semua diciptakan oleh Tuhan sebagai sama. Dari mana datangnya perasaan superioritas ini?

Kita merasa superior karena Tuhan tidak benar-benar hadir di dalam diri kita. Dan Tuhan bukanlah penghuni permanen di hati kita. Ada sebuah kisah tentang seorang wanita yang menjadi anggota tetap dalam organisasi gereja.

Tapi dia tidak disukai karena dia sangat menghakimi, menjunjung tinggi dirinya dan merasa benar sendiri. Bukankah kita sering kali juga menghakimi, menjunjung tinggi diri sendiri dan merasa benar sendiri?

Dalam Injil kita untuk hari Senin ini kita mendengar Yesus mengatakan kepada kita untuk berhenti menghakimi. Mengapa? Ini karena ketika kita menilai kita sudah menjauhkan diri dari orang yang kita nilai.

Kita sudah membuat tembok pembatas yang secara permanen memisahkan kita dari orang lain. Jika demikian, bagaimana kita bisa merubahnya? Bagaimana kita dapat membiarkan mereka merasakan kasih Yesus?

Doa Harian

Allah Bapa sumber kebahagiaan, bimbinglah kiranya kami menjauhi kerusuhan dan perang, masuk ke tempat tinggal yang aman, penuh cinta kasih dan kerukunan, tempat orang bersama-sama membangun kebahagiaan berkat Yesus Kristus penunjuk jalan kami.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Sumber https://renungankatolik.id/renungan-katolik-senin-26-juni-2023/

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url