Renungan Hari Minggu 18 Februari 2024

Renungan Hari Minggu 18 Februari 2024

Renungan Hari Minggu 18 Februari 2024

Bapak, Ibu dan Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Minggu 18 Februari 2024. Dalam bacaan Injil Markus 1:12-15 hari ini mengisahkan tentang Yesus dicobai oleh Iblis, dan malaikat-malaikat melayani Dia.

Salah satu aspek penting dalam kehidupan kita adalah perjanjian dengan berbagai bentuk dan jenis persyaratannya. Dalam sejarah keselamatan, perjanjian juga menjadi sebuah dimensi penting.

Dalam bacaan pertama pada hari ini, kita membaca perjanjian antara Allah dan Nuh bersama semua makhluk hidup. Allah akan menyertai Nuh dan semua isi bumi dan tentu saja dari pihak Nuh mesti ada kesetiaan.

Salah satu aspek yang selalu ditekankan adalah pertobatan. Air bah adalah simbol purifikasi dosa, dan setelahnya Nuh dan semua keturunannya tidak boleh lagi melakukan dosa. Dengan itu, tidak akan ada lagi air bah.

Dalam bacaan kedua, Santa Petrus menekankan bahwa air bah Nuh sekarang telah menjadi air pembaptisan yang menyelamatkan manusia.

Air pembaptisan memurnikan hati supaya bersemi hati nurani yang baik. Air pembaptisan beriringan dengan kesadaran tobat manusia.

Kristus yang telah dibaptis di sungai Yordan, berpuasa dan dicobai Iblis. Setelah itu Yesus mewartakan pertobatan.

Doa Penutup

Ya Tuhan, dengan menerima sakramen-sakramen, terutama Sakramen Baptis, kami Kau murnikan dari dosa, supaya tumbuh hati nurani yang jernih.

Dengan itu, kiranya kami selalu bertobat setiap kali jatuh dalam dosa. Amin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url