Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Hari Senin 20 September 2021

Renungan Hari Senin 20 September 2021

Renungan Hari Senin 20 September 2021

Injil hari ini, Mendengar, berakar, dan berbuah.

Setiap orang Kristen yang menyambut dengan kesungguhan hati, menaati, dan memberlakukan kebenaran firman Tuhan dalam hidupnya menunjukkan dua hal. 

Pertama, orang tersebut telah mengalami pembaharuan total dari Tuhan Yesus. 

Kedua, kebenaran yang telah tertanam dalam dirinya akan berakar, bertumbuh dan menghasilkan buah. 

Konsekuensi orang Kristen yang telah mengalami kedua hal ini ialah buah kebenaran karena perubahan hidupnya secara total itu pula ia juga dapat mempengaruhi kehidupan orang lain.

Untuk menjelaskan ini, Yesus mengibaratkan buah kebenaran itu dengan pelita yang menyala. Mengapa pelita? Sesuai sifat dan fungsinya, maka cahaya dari pelita yang menyala itu akan menerangi lingkungan tempatnya berada. 

Artinya, cahaya itu tidak hanya telah mengubah gelap menjadi terang, yang tak nampak menjadi nampak, tetapi juga menelanjangi keburukan setiap orang yang hidup dalam kegelapan. 

Inilah keadaan yang harus dinyatakan dan diubahkan. Dan ini pulalah tugas orang Kristen di mana pun ia berada. Lingkungan masyarakat, saudara dan teman harus merasakan pengaruh yang mengubahkan dan mendatangkan kebaikan.

Tidak semua orang Kristen yang tingkah dan gaya hidupnya memancarkan terang di lingkungan tempatnya berada. Bahkan banyak orang Kristen yang sudah mendengar kebenaran firman Tuhan, tetapi tidak mau melakukannya, 

seperti saudara-saudara Yesus. Mereka beranggapan bahwa pengajaran-pengajaran Yesus itu bukan untuk mereka tetapi untuk umat. Anggapan ini didasarkan pada kedekatan hubungan dengan Yesus. 

Tetapi Yesus sendiri mengecam anggapan itu, sebab menurut Dia hanya orang-orang yang mendengar dan melakukan firman Tuhan dalam hidup yang menjadi saudara-saudara-Nya. banyak Kristen merasa telah mengenal Yesus Kristus hanya dengan mengaku dan mendengarkan firman Tuhan. 

Akan tetapi percaya itu tidak direalisasikan dalam hidup dan dirasakan oleh orang lain secara nyata, akan menjadi sia-sia.

Renungkan: Bila Kristen hanya mendengar firman tetapi tidak melakukan ia akan cenderung menutupi dan mungkin menyangkali imannya, saat berada di tengah-tengah mereka yang tidak seiman. Sebenarnya sikap demikian tidak mungkin terjadi bila orang Kristen memiliki keyakinan iman yang hidup.

DOA: Tuhan Yesus, terangilah dunia ini, terangilah Gereja-Mu, terangilah pikiran dan hati kami. Usirlah kegelapan dosa dan pimpinlah kami kepada Bapa surgawi. Yesus, kami percaya bahwa Engkau adalah terang dunia! Terpujilah nama-Mu selama-lamanya. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/

Posting Komentar untuk "Renungan Hari Senin 20 September 2021"