Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Hari Sabtu 15 Januari 2022

Renungan Hari Sabtu 15 Januari 2022

Renungan Hari Sabtu 15 Januari 2022

Pilihan Yesus untuk merangkul para berdosa, seperti pemungut cukai adalah sebuah keputusan yang dilandasi oleh kasih Allah. Jika manusia memilih untuk menjauhi sesama yang berbuat dosa, Allah justru datang untuk merangkul orang-orang berdosa.

Sebab bagi Allah semua manusia berharga dan bernilai. Dan Allah mencintai semua manusia, tanpa melihat apakah manusia itu baik atau jahat, apakah manusia itu suci atau berdosa. Bahkan Allah lebih mencintai manusia yang berbuat dosa.

Ini bukan berarti Allah senang jika manusia berbuat dosa. Allah tetap membenci dosa, namun mencintai manusia yang berbuat dosa. Antara manusia dengan dosa terdapat perbedaan.

Di mana ada bagian dari dunia ini, tentu saja pertama-tama dan terutama manusia, tidak selamat, sakit, menderita, dst.. ke situlah kita yang beriman kepada-Nya dipanggil untuk mendatangi dan menyelamatkan, menyembuhkan dan meringankan beban penderitaaannya.

Maka marilah pertama-tama kita perhatikan lingkungan hidup yang dekat dengan kita,, dimana kita menjadi salah satu anggotanya: adakah sesuatu atau sesama kita yang tidak beres atau sakit, entah sakit hati, sakit jiwa, sakit akal budi atau sakit tubuh.

Jika ada yang tidak beres atau sakit dalam lingkungan hidup kita, marilah segera kita bereskan dan sembuhkan. Marilah kita senantiasa siap sedia, terbuka terhadap aneka panggilan atau penugasan yang ditawarkan kepada kita; sebagai pelayan, marilah kita bahagiakan atau sejahterakan mereka yang harus kita layani, lebih-lebih mereka yang kurang bahagia atau kurang sejahtera, dst.

Memperhatikan atau mengasihi mereka yang ‘berkekurangan” (kurang ajar, kurang terdidik, kurang sehat, kurang teratur, kurang rajin dst..) memang membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, termasuk siap ‘berkorban’ ketika ‘dirasani’ atau menjadi pembicaaraan orang-orang yang iri hati seperti ahli-ahli Taurat dan golongan Farisi.

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa, Pencipta dan Penyelamat, Yesus Putra-Mu telah Kauurapi untuk menyampaikan sabda penuh cinta kasih kepada umat manusia.

Semoga kami dapat memenuhi sabda-Nya, agar dapat menemukan keselamatan. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami yang bersama Dikau dan dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa. Amin.

Sumber: renunganhariankatolik.id 

Sumber gambar google.com

Posting Komentar untuk "Renungan Hari Sabtu 15 Januari 2022"