Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Hari Selasa 21 Juni 2022

Renungan Hari Selasa 21 Juni 2022

Renungan Hari Selasa 21 Juni 2022

Dalam bacaan injil hari ini, Yesus menggunakan gambaran yang mungkin belum pernah digunakan oleh kebanyakan dari kita dalam hidup kita.

Yesus memberi tahu murid-muridnya, “Janganlah kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing, dan janganlah kamu melemparkan mutiaramu kepada babi.”

Yesus memperingatkan murid-muridnya bahwa “anjing dan babi” mungkin menyerang mereka dan mungkin mencabik-cabik Anda.

Yesus kemudian beralih ke pesan yang lebih positif. Dia memerintahkan murid-muridnya untuk memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin orang lain memperlakukan mereka.

Ajaran Yesus berkorelasi dengan pepatah akrab: “Lakukan kepada orang lain seperti yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda.” Namun, ini tidak selalu sesederhana kedengarannya.

Pikirkan seseorang yang mengabaikan Anda atau orang yang mengkritik Anda. Atau mungkin orang yang tidak Anda sukai. Mungkin seseorang yang membuat Anda kesal atau menginginkan lebih dari Anda daripada yang ingin Anda berikan.

Hari ini Yesus memiliki pesan tandingan untuk dunia kita: perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Tanyakan pada diri sendiri: bagaimana Anda ingin orang lain memperlakukan Anda: dengan rasa hormat, pengakuan, dan minat yang tulus?

Ini mungkin terdengar mudah tetapi seringkali tidak semudah kelihatannya. Sepertinya dunia kita berputar dan bergerak dengan cepat. Orang-orang memiliki tempat untuk dikunjungi dan orang-orang untuk dilihat.

Sebagai konsekuensi dari laju kehidupan yang cepat, kita mungkin kehilangan perhatian dan perhatian kita satu sama lain. Dan betapa ruginya ini! Hari ini kita diajak untuk benar-benar hadir di hadapan orang-orang yang Anda temui.

Mungkin kita hanya punya waktu satu menit tetapi kita dapat memanfaatkan menit itu sebaik mungkin. kita tidak pernah tahu: itu mungkin tidak hanya membuat hari orang lain menyenangkan, tetapi juga membuat hari kita menyenangkan! Itulah yang akan dilakukan Yesus! Apa yang akan kita lakukan?

Doa 

Ya Yesus, terima kasih kuucapkan kepada-Mu, karena Engkau telah menunjukkan jalan kebenaran padaku hari ini. Melalui usaha yang sungguh-sungguh, berani mengatasi tantangan dan kesukaran bagaikan melalui pintu yang kecil, aku percaya akan kehidupan yang lebih baik.

Aku juga percaya akan menjadi orang yang baik, yang diperjuangkan setiap hari, siang dan malam. Ya Yesus yang baik, Engkaulah tumpuan harapanku. Amin.

Sumber https://www.renunganhariankatolik.id/

Sumber gambar google.com

Posting Komentar untuk "Renungan Hari Selasa 21 Juni 2022"