Renungan Hari Sabtu 30 April 2022

Renungan Hari Sabtu 30 April 2022

Renungan Hari Sabtu 30 April 2022

Perikop ini diawali dengan Yesus yang memerintahkan murid-murid-Nya naik kapal menyeberangi Danau Galilea, sementara Ia tinggal sendirian untuk berdoa. Menurut Matius 14:22, Yesus menyuruh mereka pergi mendahului Dia ke seberang sana, dan Dia “menyuruh orang banyak pulang.”

Tampaknya Dia memisahkan murid-murid-Nya dari orang banyak yang memegang prinsip kerajaan Allah secara keliru. Peristiwa ini terjadi setelah Yesus memberi makan 5000 orang.

Sebuah peristiwa yang menyita perhatian pada waktu itu, terbukti ke 4 Injil pun mencatatnya yaitu pada Injil Matius Bab 14, Injil Markus Bab 6, Injil Lukas bab 9, dan Injil Yohanes Bab 6.

Peristiwa Yesus berjalan diatas air terjadi di Danau Galilea (atau Danau Tiberias), di mana murid-murid berlayar ke arah barat laut danau yaitu ke arah Betsaida atau Kapernaum tapi terbawa angin ke arah barat daya sampai mendarat di Genesaret.

Ketiga Injil (Matius, Markus dan Yohanes) mencatat, setelah orang banyak kenyang dan pulang ke rumah masing-masing, sore hari itu murid-murid naik kapal hendak menyeberangi Danau Galilea, meninggalkan Yesus sendirian yang bermaksud berdoa di atas gunung seorang diri.

Yohanes mencatat secara spesifik bahwa mereka berlayar menuju Kapernaum. Dalam pelayaran di danau itu, kapal yang berisi para murid diterpa angin sakal dan gelombang besar, tetapi kemudian melihat Yesus berjalan di atas air menuju ke arah mereka.

Hanya Injil Yohanes yang mencatat bahwa mereka 2-3 mil jauhnya dari pantai (Matius mencatat “beberapa” mil) Murid-murid menjadi ketakutan, tetapi Yesus mengatakan mereka untuk tidak takut. Kemudian Yesus naik ke atas kapal dan angin serta gelombang menjadi teduh.

Dalam ketiga Injil, angin dan gelombang menjadi tenang setelah Yesus naik ke atas kapal, tetapi hanya Injil Yohanes yang mencatat bahwa kapal itu langsung sudah tiba di tujuan.

Catatan Injil Matius dan Injil Markus tamat sampai di sini, sedangkan Injil Yohanes masih melanjutkan bahwa keesokan harinya orang banyak yang termasuk 5000 orang yang diberi makan sehari sebelumnya itu datang ke Kapernaum serta bertanya bagaimana Yesus dapat menyeberang, karena mereka melihat murid-murid berlayar tanpa Yesus sore hari itu.

Yesus tidak menjawab pertanyaan itu, tetapi mengatakan kepada orang banyak bahwa mereka mencari-Nya bukan karena percaya akan tanda-tanda (“Keilahian”) Yesus sehubungan mukjizat lima ketul roti dan dua ekor ikan, melainkan untuk mendapatkan keuntungan jasmani, yaitu makanan gratis.

Yesus menasihatkan agar mereka tidak mencari keuntungan duniawi, tetapi mencari hidup yang berdasarkan kerohanian yang tinggi. Dalam Injil Yohanes percakapan mengenai roti ini berlanjut pada pengajaran bahwa Yesus adalah “Roti Hidup” dan “roti sejati yang turun dari sorga”.

Perikop Yesus berjalan di atas air memberikan pelajaran agar kita senantiasa menaruh kepercayaan kita kepada Yesus. Tanpa iman dan pengharapan di dalam Kristus, kehidupan kita akan terpusat pada masalah.

Namun dengan iman dan pengharapan, kita akan dapat melalui gelombang kehidupan dengan ketenangan dan damai. Dalam badai dan gelombang dahsyat itu para murid melihat Yesus yang datang menjumpai mereka.

Reaksi spontan dari mereka adalah takut sehingga Yesus berkata, “Ini Aku, jangan takut!”. Perkataan Yesus ini bukan sekedar identifikasi mengenai diri Yesus tapi sebuah pernyataan tentang keilahian-Nya. Di tengah persoalan apa pun, Allah tetap hadir menyertai jemaat. Maka kata Yesus, “Jangan takut”.

Doa 

Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau berkenan membarui kami dengan pembaptisan kudus. Sempurnakanlah selalu sakramen Paskah ini dalam diri kami supaya berkat perlindungan-Mu kami menghasilkan banyak buah dan Engkau perkenankan mencapai sukacita hidup abadi.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Sumber https://www.renunganhariankatolik.id/

Sumber gambar google.com


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url