Renungan Hari Rabu 17 Agustus 2022

Renungan Hari Rabu 17 Agustus 2022

Renungan Hari Rabu 17 Agustus 2022

Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada kaisar atau tidak?” Yesus tahu ini jebakan. Kemudian Yesus berkata, “mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik’?”

Sebelum menjawab pertanyaan mereka, Yesus menunjukkan kedegilan dan kemunafikan hati mereka Dari sini, kita dapat belajar, bahwa satu perbuatan secara moral dapat dipertanggungjawabkan.

Jawaban Yesus sungguh luar biasa dan jauh dari perkiraan mereka. Yesus meminta agar mereka menunjukkan mata uang untuk membayar pajak dan meminta agar mereka menjawab gambar dan tulisan siapa di koin tersebut.

Kemudian mereka menjawab bahwa itu adalah gambar dan tulisan kaisar. Dan kemudian Yesus menjawab, “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.’

Kristus mengajarkan kita agar memberikan keadilan kepada penguasa dengan memberikan apa yang menjadi kewajiban kita kepada penguasa itu dan pada saat yang bersamaan memberikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan.

Kemudian karena “hal yang kekal lebih utama daripada “hal yang sementara”, maka kewajiban kepada Tuhan harus lebih utama daripada kewajiban kepada kaisar atau sesuatu yang bersifat sementara.

Doa 

Allah Bapa yang Mahakuasa, kami bersyukur atas anugerah kemerdekaan bagi bangsa kami. Semoga kami dapat memelihara dan mempergunakan kemerdekaan dengan bijaksana.

Semoga kami dapat menyalakan tungku kebaikan di atas kepala setiap orang sehingga kemuliaan dan kebaikan-Mu dapat dirasakan oleh setiap orang yang merindukan kemerdekaan sejati.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Sumber https://renunganhariankatolik.org/

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url