Renungan Hari Senin 19 Juni 2023

Renungan Hari Senin 19 Juni 2023

Renungan Hari Senin 19 Juni 2023

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Katolik Senin 19 Juni 2023 dalam Bacaan Injil hari ini Matius 5:38-42.

Apa yang akan kita peroleh jika kita membalas dendam kepada mereka yang telah menyakiti dan melukai kita? Tidak ada kecuali permusuhan lebih lanjut dan cedera maka pada akhirnya tidak akan ada pemenang hanya pecundang.

Ambil contoh konflik dalam kehidupan berumah tangga, jika seorang istri akan membalas dendam atas luka yang disebabkan oleh suaminya katakanlah misalnya perselingkuhan. Perjanjian pernikahan akan berantakan dan kedua belah pihak termasuk anak-anak mereka akan berakhir sebagai pecundang.

Dengan perintah baru ini kepada murid-murid-Nya, Yesus menggantikan hukum pembalasan dan Penghakiman yang tertulis dalam Perjanjian Lama (Imamat dan Ulangan).

Yesus memberi kita pelajaran berharga tentang kerendahan hati yang dapat membantu kita membangun jembatan, bukan tembok. Perintah Yesus ini juga akan membantu kita menghindari konflik dan kesalahpahaman. Bisakah kita menjalankan ajaran Yesus ini? Jika kita membenci permusuhan, jika kita rendah hati dan jika kita benar-benar mengasihi Yesus kita akan dapat menjalankan ajaran ini.

Mohandas Gandhi, ikon perlawanan politik non-kekerasan India pernah berkata: “Mata ganti mata membuat seluruh dunia buta.” Ini berarti bahwa tidak ada yang menang dengan balas dendam, di arena kehidupan semakin kita ingin balas dendam semakin kita menghancurkan diri kita sendiri.

Daripada membalas dendam mengapa tidak memakai baju zirah Kerendahan hati, mengapa juga belajar berdoa bagi mereka yang telah menginjak harga diri kita. Ini sangat sulit untuk diikuti tetapi kita harus mengikuti karena inilah yang Yesus ajarkan kepada kita.

Jika kita selalu membalas setiap cedera yang terjadi pada kita, kita akhirnya akan menghancurkan diri kita sendiri.

Doa Harian

Allah Bapa sumber sukacita kami, semoga kami selalu patuh setia pada kabar sukacita-Mu, dan ajarilah kami kiranya mengabadikan segala yang ada pada kami bagi kerajaan-Mu di dunia.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Sumber https://renungankatolik.id/renungan-katolik-senin-19-juni-2023/

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url