Renungan Hari Selasa 11 Januari 2022

Renungan Hari Selasa 11 Januari 2022

Renungan Hari Selasa 11 Januari 2022

Tuhan mendengarkan doa orang yang dengan penuh kepercayaan menyerahkan diri dan hidup mereka kepada-Nya. Doa dan harapan Hana dikabulkan oleh Tuhan. Ia mendapatkan seorang anak dan kemudian menyerahkan anak itu kembali kepada Tuhan. Yesus mewartakan Kerajaan Allah, bukan hanya dengan kata-kata tetapi juga dnegan perbuatan nyata.

Ia menyembuhkan seorang yang kerasukan roh jahat. Semua peristiwa ini mau menunjukkan kepada kita bahwa kalau kita manusia memiliki iman yang kuat, Tuhan sendiri dengan kuat kuasa-Nya akan melakukan segalanya untuk kebahagiaan kita.

Kuasa Yesus melebihi apapun. hal itu pun diakui oleh orang-orang padawaktu itu melihat perbuatan Yesus. “Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya” (lih. Mrk 1:27). Yesus membangun Kerajaan Allah dengan tindakan yang nyata, Ia menyingkirkan penghalang yang menghambat pekerjaan Yesus. Kita diajak untuk mengandalkan Yesus dalam setiap perkara.

Roh jahat itu berteriak “Apa urusanmu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret!”. “Apakah engkau datang untuk membinasakan kami?” “aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Kekuatan jahat betul-betul mengenal apa dan siapa yang ada di situ. Ada wilayah suci yang tak memungkinkan roh jahat bergerak. Dan wilayah itu ada pada “orang dari Nazaret” ini.

Keunggulannya jelas dirasakan. Itulah yang disaksikan orang-orang waktu itu dan diberitakan kepada kita sekarang. Mereka makin bertanya-tanya, lalu siapa sebetulnya dia yang diakui kewibawaannya bahkan oleh kawanan roh jahat yang memakai kata “kami” itu. 

Jadi roh-roh seperti itu merasa terancam dan gentar di hadapan orang Nazaret yang sedemikian dekat dengan Allah yang Mahasuci. Lalu Yesus menghardik dan menyuruh Roh itu diam. Yesus mengeluarkan roh dari dalam diri orang yang kerasukan yang mau mendekat kepadanya.

Penginjil Markus juga hendak membuat kita melihat bahwa dalam memberi pengajaran, Yesus juga menyingkirkan pengaruh roh jahat yang mengancam kita. Inilah kebesaranNya. Inilah kuasaNya. Dan kita diajak untuk taat padaNya.

Samuel lahir karena penyerahan diri Hana, ibunya kepada kehendak dan kuasa Allah. Dengan penuh kesadaran Hana pun menyerahkan anak sulungnya untuk membangun kerajaan Allah. Kita telah melihat bagaimana kuasa roh jahat itu sangat kecil dibanding dengan kuasa Yesus yang besar.

Oleh karena itu, hilangkanlah rasa takut yang ada pada kita dalam menjalani hidup ini atau yang menyangkut dengan hal-hal spiritual, sebab Tuhan Yesus berkuasa atas ciptaan-Nya dan berkuasa atas segalanya.

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Allah, Bapa yang Maharahim, Engkau tidak menolak Hana yang terus-menerus berdoa kepada-Mu. Berilah aku semangat di saat-saat aku mengalami putus asa, dan dalam menghadapi persoalan-persoalan hidupku. Tuhan, bimbinglah aku sepanjang hari ini. Amin.

Sumber: renunganhariankatolik.id 

Sumber gambar google.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url